(KODE : PEND-PKN-0013) : SKRIPSI PENDIDIKAN PKN KEEFEKTIFAN METODE PERMAINAN KUIS TIM BERBANTU CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri. kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya. masyarakat, bangsa, dan negara (Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003). Pendidikan tidak bisa dijauhkan dari proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Proses pembelajaran tersebut harus melibatkan aktivitas siswa secara keseluruhan, dari aktivitas fisik sampai mental siswa.
Suatu proses pembelajaran yang dilakukan harus memberi dampak positif bagi siswa. Tujuan pembelajaran yaitu adanya perubahan perkembangan siswa secara utuh-menyeluruh yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Menurut Hamdani (2011 : 21), belajar merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan, misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan, meniru. Belajar yang efektif dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan yang diharapkan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Proses pembelajaran harus dapat memberikan makna melalui pengalaman dan informasi yang berasal dari lingkungannya. Makna dibangun ketika guru memberikan permasalahan yang relevan dengan pengetahuan dan pengalaman yang sudah ada, sehingga siswa mendapatkan kesempatan untuk menemukan dan menerapkan idenya sendiri. Membangun makna tersebut, proses belajar mengajar harus berpusat pada siswa.
Proses pembelajaran merupakan implementasi dari kurikulum, maka pendidik (guru) dituntut dapat mengembangkan program pembelajaran secara baik. Proses pembelajaran merupakan proses interaksi antara guru dan murid yang memberikan hasil timbal-balik. Sekalipun program kegiatan pembelajaran sudah direncanakan sesuai dengan kurikulum, tidak sepenuhnya dapat diikuti siswa dengan baik. Kurikulum yang sudah disusun dengan baik, tidak menjamin minat siswa dalam mengikuti suatu proses pembelajaran. Banyak hal/sebab yang melatarbelakangi hal tersebut.
Hasil observasi lapangan di SDN X di kelas V, pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagian siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari siswa yang duduk di belakang bicara dengan teman sebangku, ada yang tiduran atau meletakkan kepala, ketika ditanya guru hanya sebagian siswa (terutama yang duduk di depan) yang menjawab pertanyaan guru, ada siswa yang enggan maju atau menjawab pertanyaan dari guru. Kurangnya semangat belajar siswa dikarenakan berbagai faktor yang melatarbelakangi. Faktor internal dan faktor eksternal, dan juga faktor lingkungan dapat mempengaruhinya. Faktor internal yang berasal dari diri siswa seperti sikap bawaan siswa yang malas, tingkat intelegensi, dan tidak mau belajar untuk bisa serta kurang percaya diri untuk bertanya kepada guru, kondisi fisik yang tidak sehat dapat juga menjadi penyebab kurangnya minat siswa untuk belajar. Faktor eksternal seperti materi pelajaran yang banyak, pengajaran guru kurang bervariasi, pengaruh teman-teman kelas. Faktor lingkungan dapat disebabkan oleh masalah keluarga, orang tua yang kurang peka terhadap perkembangan anak dan tidak tahu masalah yang dihadapi anak.
Didukung juga pernyataan dari guru kelas V yang menyatakan bahwa sebagian siswa kurang berminat saat pembelajaran PKn karena materinya banyak, susah dan tidak semua siswa dengan mudah memahami materi, siswa lebih tertarik pada mata pelajaran yang mudah seperti bahasa Indonesia terutama saat materi bercerita, IPA, dan matematika. Wawancara dengan beberapa siswa, mengatakan tidak terlalu suka terhadap pelajaran PKn, alasannya karena pelajaran tersebut susah dan materi banyak.
Rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran PKn dikarenakan mata pelajaran tersebut sulit bagi siswa. Hal ini dikarenakan berbagai penyebab, diantaranya materi pelajaran yang banyak dan kompleks, informasinya harus tepat dan benar, proses pembelajaran yang kurang menarik dan monoton, dan banyak menghafal materi. Pembelajaran PKn yang selama ini yang berlangsung hanya menekankan pada penyerapan materi yang banyak bukan menekankan prinsip-prinsip yang ada di dalamnya. Pembelajaran PKn dapat membekali siswa dengan pengetahuan dan ketrampilan intelektual yang memadai serta pengalaman praktis agar memiliki kompetensi dan efektivitas dalam berpartisipasi. Kegiatan pembelajaran PKn di kelas yang perlu dipersiapkan yakni bekal pengetahuan materi pembelajaran dan metode atau pendekatan pembelajaran yang sesuai materi dan kebutuhan siswa.
Peneliti tergerak untuk melakukan sebuah penelitian tentang proses pembelajaran PKn dengan menggunakan sebuah metode, yaitu metode Permainan Kuis Tim berbantu Crossword Puzzle. Alasan pemilihan metode ini untuk mencoba menerapkan permainan dalam pembelajaran yang dapat menarik siswa untuk mengikutinya dan belum pernah digunakan di SDN X. Pendapat Zaini dkk (2007 : 56), kuis tim merupakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan tanggung jawab belajar siswa dalam suasana yang menyenangkan. Menyisipkan permainan dalam pembelajaran bertujuan menciptakan pembelajaran dalam suasana yang menyenangkan sesuai dengan kondisi yang terjadi dalam diri siswa. Permainan akan menjadi lebih menarik jika ada unsur persaingan atau perlombaan di dalamnya, sekaligus unsur yang menghibur.
Permainan kuis tim dapat mendorong semangat siswa untuk belajar dan bersaing dalam mendapatkan nilai terbaik. Permainan kuis tim mengandung unsur bersaing antara kelompok dalam menjawab pertanyaan untuk mengumpulkan poin tertinggi. Permainan kuis tim ini, guru membacakan kata kunci sesuai materi dan siswa akan menjawab pertanyaan sesuai kata kunci yang diberikan, hal tersebut dapat membantu siswa mengingat materi-materi pelajaran. Memberi Crossword Puzzle (Teka-teki Silang) menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan, mengundang minat dalam pembelajaran, serta melatih kemampuan berpikir kritis siswa.