Makalah Pranata Sosial

Judul : Makalah Pranata Sosial
Daftar Isi :
Kata Pengantar, Daftar Isi, Pendahuluan, Pranata Keluarga, Pranata Ekonomi, Pranata Politik, Pranata Pendidikan, Pranata Agama, Penutup.


Sekilas Isi :
Lembaga atau pranata sosial sangat berperan dalam masyarakat. Ia merupakan sistem norma yang bertujuan untuk mengatur tindakan-tindakan maupun kegiatan anggota masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok dan bermasyarakat bagi manusia. Tanpa adanya lembaga atau pranata sosial ini sangat mustahil manusia dapat melangsungkan hidupnya karena melalui lembaga atau pranata tersebutlah segala interaksi antar manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan tercapainya keteraturan.
Melalui lembaga atau pranata sosial anggota-anggota masyarakat tidak bisa hidup seenaknya. Segala sesuatunya telah diatur menurut norma-norma yang terkumpul dalam lembaga tersebut. Wujud lembaga atau pranata sosial dalam masyarakat antara lain :
 Pranata Keluarga
 Pranata Perekonomian
 Pranata Politik
 Pranata Pendidikan
 Pranata Agama
Pranata-pranata ini berfungsi untuk mengatur segala aktivitas yang terjadi dalam masyarakat. Berikut kami akan menjelaskan lebih detail.

PRANATA KELUARGA
Keluarga merupakan kesatuan kelompok terkecil didalam masyarakat. Pranata keluarga bertujuan mengatur manusia dalam hal melanjutkan keturunan (reproduksi). Dalam kaitannya dengan tujuan itu, pranata keluarga mempunyai beberapa fungsi nyata, antara lain :
1. Masalah seks yang diatur dalam kehidupan perkawinan yang sebelumnya diawali dengan pelamaran atau peminangan.
2. Perawatan anak-anak.
3. Hubungan persaudaraan, darah atau kekerabatan.
4. Berbagai macam organisasi kekeluargaan.
Secara historis keluarga terbentuk atas satuan sosial yang terbatas yaitu dua orang (laki-laki dan wanita) yang mengadakan ikatan tertentu yang disebut perkawinan. Secara berangsur-angsur anggota keluarga semakin meluas yaitu dengan kelahiran atau adopsi anak-anak. Pada saatnya anak-anak itupun akan melangsungkan ikatan perkawinan sehingga terbentuk keluarga baru.
Keluarga merupakan suatu gemeinscaft yang didalamnya terdapat ciri-ciri kelompok primer, diantaranya :
1. Antar anggota keluarga mempunyai hubungan yang intim dan hangat.
2. Kooperatif.
3. Face to face.
4. Anggota keluarga memperlakukan anggota lainnya sebagai tujuan bukan alat untuk mencapai tujuan.
Sebagai suatu instansi atau lembaga sosial, keluarga paling universal. Lembaga sosial ini terdapat pada setiap masyarakat dari berbagai suku bangsa yang ada di seluruh bagian dunia.

PRANATA EKONOMI

Pranata ekonomi merupakan pranata yang menangani masalah kesejahteraan material yang meliputi cara-cara mendapatkan barang dan jasa bagi kepentingan masyarakat, mengatur cara-cara berproduksi, distribusi, perdagangan dan konsumsi agar setiap lapisan masyarakat mendapat bagian yang semestinya.
Pranata ekonomi lahir ketika orang-orang mulai mengadakan pertukaran barang, secara rutin membagi tugas dan mengakui adanya tuntutan dari seseorang terhadap orang lain.
Fungsi pranata ekonomi antara lain :
1. Fungsi Manifest
 Untuk memelihara ketertiban, mencapai konsensus dan meningkatkan produksi ekonomi semaksimal mungkin. Tetapi pada kenyataannya tidak ada satu sistem pun yang telah sepenuhnya berhasil mencapai fungsi-fungsi tersebut.
2. Fungsi Laten
 Merusaknya kebudayaan tradisional, kebiasaan pemilikan tanah kepercayaan agama, organisasi keluarga, tempat pemukiman dan lain-lain.
 Mempercepat rusaknya kelestarian lingkungan.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »