Search This Blog

SKRIPSI PERANAN GURU PKN DALAM MENGEMBANGKAN POKOK BAHASAN NORMA DAN HUKUM DI SMK

(KODE : PEND-PKN-0002) : SKRIPSI PERANAN GURU PKN DALAM MENGEMBANGKAN POKOK BAHASAN NORMA DAN HUKUM DI SMK

contoh skripsi pendidikan pkn

BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah mata pelajaran yang digunakan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bahasa Indonesia. Nilai luhur dan moral tersebut diharapkan dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku kehidupan sehari- hari siswa, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat dan mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
Dalam Pembukaan UUD 1945 ditegaskan bahwasanya tujuan bangsa Indonesia salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, menandaskan bahwa tujuan pendidikan kita adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, sebagai manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, serta memiliki ketrampilan dan kemampuan, kesehatan jasmani dan rohani yang seimbang dan yang paling penting mempunyai semangat kebangsaan.
Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan pengembangan dalam bidang pendidikan adalah agar pendidik dapat melaksanakan peran utamanya, yaitu menyiapkan manusia-manusia yang cerdas, utuh, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, sehat jasmani dan rohani serta cinta tanah air dan bangsa. Dengan demikian diharapkan kelak mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa.
Untuk mencapai tujuan itu semua maka pemerintah yang bertanggung jawab mengenai pendidikan di negara kita, memberikan satu mata pelajaran yang diberikan mulai sejak taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, dan mata pelajaran itu adalah mata pelajaran PKn, mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban yang menjadi warga negara Indonesia yang terampil, cerdas dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. 
Adapun selain pemerintah, yang bertanggung jawab dalam pendidikan adalah keluarga, masyarakat dan guru. Guru merupakan sosok yang paling bertanggung jawab pada pendidikan, karena guru merupakan orang yang terjun secara langsung dalam dunia pendidikan dan bertanggung jawab secara langsung dalam mensukseskan jalannya pendidikan yang berlangsung.
Di dalam perkembangan dunia pendidikan, pemerintah telah melakukan penyempurnaan kurikulum. Terdapat banyak perbedaan dari kurikulum-kurikulum ini antara lain dari segi pokok bahasan, jumlah jam pelajaran, dan lain-lain. Mengingat adanya perbedaan antara kurikulum maka guru dan peserta didik dimungkinkan banyak menemui permasalahan, karena keterbatasan waktu dalam mengembangkan pokok bahasan norma dan hukum yang ada di SMKN X. Dan kurikulum baru yang diterapkan oleh SMKN X menyebabkan guru PKn tidak dapat memberikan penjelasan tentang pokok bahasan norma dan hukum secara jelas, sehingga peserta didik tidak mendapatkan pokok bahasan norma dan hukum secara optimal dan berakibat dapat mengurangi pengetahuan peserta didik.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis ingin mengadakan penelitian dengan pokok bahasan "PERANAN GURU PKN DALAM MENGEMBANGKAN POKOK BAHASAN NORMA DAN HUKUM PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMKN X”.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »