Search This Blog

SKRIPSI PTK KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR

(KODE : PTK-0578) : SKRIPSI PTK KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR (BIOLOGI KELAS X)

SKRIPSI PTK KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR


BAB I 
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Pendidikan adalah suatu proses atau aktivitas, diarahkan pada proses untuk menciptakan suasana yang menyenangkan supaya menjadi kebiasaan yang dilakukan manusia pada umumnya. Menurut Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bab I pasal (1) : 1 pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
Profesionalisme seorang guru mutlak diperlukan sebagai bekal dalam mengakses perubahan baik itu metode pembelajaran ataupun kemajuan teknologi yang kesemuanya ditujukan untuk kepentingan proses belajar mengajar. Jika ditinjau dari undang-undang sebagaimana tersebut di atas tugas guru tidak sekedar menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, tetapi lebih kepada bagaimana menyiapkan mereka menjadi sumber daya manusia yang terampil dan siap mengakses kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta liberalisasi yang terjadi di masa nanti.
Mata pelajaran biologi merupakan wahana untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai serta tanggung jawab sebagai seorang warga negara yang bertanggung jawab kepada lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara. Biologi berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami tentang alam secara sistematis, sehingga biologi bukan hanya sekedar penguasaan kumpulan yang berupa fakta, konsep atau prinsip saja tetapi juga merupakan proses penemuan.
Berdasarkan wawancara dengan guru biologi kelas X, ditemukan permasalahan bahwa hasil belajar siswa masih belum sesuai dengan harapan dan masih banyak siswa yang belum mencapai KKM, selain itu strategi yang digunakan guru masih kurang menarik perhatian siswa. Hal ini terindikasi karena kurangnya minat peserta didik terhadap pelajaran biologi sehingga siswa kurang berpartisipasi secara aktif dan kreatif.
Fatmawati (2010 : 12) melakukan penelitian dengan judul "Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi". Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas siswa pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan jika dibandingkan dengan nilai pada pra siklus dan siklus I, baik nilai setiap aspek maupun nilai rata-rata kelas. Keaktifan dan hasil belajar siswa juga meningkat.
Salvia (2012 : 5) juga telah melakukan penelitian "Pemberian LKS Berupa Teka-teki Silang untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa". Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemberian LKS berupa teka-teki silang dapat dilihat pada nilai rata-rata posttest siswa yang lebih tinggi pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka salah satu cara untuk mengatasi rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa adalah melalui penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dengan media Teka-Teki Silang (TTS).
Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi Think Talk Write (TTW) dengan media Teka-Teki Silang (TTS) diharapkan akan melatih keterampilan dan pengetahuan siswa. Strategi TTW dengan media TTS ini peserta didik mempelajari materi secara mandiri yang telah disiapkan oleh guru dalam lembar diskusi kelompok (think), kemudian mengadakan diskusi tentang materi dan membahas penyelesaian soal di lembar kerja (talk) yang berupa TTS, setelah itu menuliskan jawaban soal yang sudah dikerjakan bersama secara berkelompok (write) dalam waktu yang telah ditentukan oleh guru. Hal ini akan mendorong siswa untuk benar-benar mau membaca sehingga dengan banyak membaca maka siswa akan paham dengan materi yang diajarkan oleh guru. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul "KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X".

Artikel Terkait

Previous
Next Post »