Search This Blog

Skripsi Upaya Peningkatan Kreativitas Anak Tunarungu Dalam Memasak Melalui Variasi Olahan Keripik Pisang Bagi Anak Kelas XB SMALB Negeri X

(Kode PEND-PLB-0010) : Skripsi Upaya Peningkatan Kreativitas Anak Tunarungu Dalam Memasak Melalui Variasi Olahan Keripik Pisang Bagi Anak Kelas XB SMALB Negeri X Tahun XXXX/XXXX

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Manusia sebagai mahkluk Tuhan diciptakan dengan ciri dan kondisi masingmasing yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, dan oleh karena itu patut dikembangkan sesuai dengan kondisi serta kebutuhan masing-masing. Demikian pula halnya dengan para penyandang tunarungu karena mereka merupakan bagian dari keanekaragaman tersebut. Tunarungu memiliki kebutuhan dan hak yang sama dengan anak berkebutuhan khusus yang lain atau bahkan dengan anak normal dalam hal pendidikan. Akan tetapi, dengan keterbatasan yang dimilki oleh mereka baik secara fisik, mental, sosial maupun intelektual maka mereka memerlukan pemenuhan kebutuhan yang berbeda sesuai dengan kondisi mereka. Tujuan dari upaya pendidikan yang diusahakan bagi para penyandang tunarungu khususnya dan anak-anak berkebutuhan khusus pada umumnya adalah agar mereka dapat mengembangkan diri semaksimal mungkin sesuai kondisi mereka agar tidak menjadi beban dalam keluarga dan lingkungannya, sebagaimana tertuang dalam Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP) yang dikembangakan berdasarkan tujuan setiap satuan pendidikan, yaitu : “ pendidikan menengah yang terdiri atas SMA/MA/SMALB/Paket C bertujuan : meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri.......” (Depdiknas, 2006: 67).
Dari waktu ke waktu keberadaan anak tunarungu sebagai salah satu dari bagian “Anak Luar Biasa “ semakin meningkat, salah satunya diindikasikan dengan terus bertambahnya jumlah anak tunarungu yang masuk Sekolah Luar Biasa. Dengan demikian pendidikan yang diberikan pada anak tunarungu terutama pada sekolah formal, memiliki peran penting berupa layanan yang mendasar sebagai tumpuan dalam mengembangkan kemampuan yang dimiliki anak berkebutuhan khusus yaitu melalui pendidikan khusus pula.
Kecakapan hidup yang meliputi kacakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan ataupun kecakapan vokasional merupakan tujuan penting dari pendidikan bagi anak tunarungu khususnya dan bagi anak berkebutuhan khusus pada umumnya. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, pelajaran tataboga/memasak sabagai salah satu pelajaran vokasional yang dipilih dengan menitikberatkan pada penanaman ketrampilan untuk hidup mandiri. Oleh karena itu peneliti berupaya menjadikan mata pelajaran tata boga/memasak ini bisa lebih diminati siswa dan sebagai salah satu langkah untuk menumbuhkan kreativitas serta diharapakan dapat memacu kreativitas mereka dalam hal atau kegiatan lainya.
Keterbatasan anak tunarungu yang meliputi keterbatasan bahasa dan keterbatasan komunikasi menuntut guru untuk selalu bereksplorasi dan memberikan apa yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi masing-masing siswa. Agar pembelajaran yang diberikan dapat mencapai tujuan yang diinginkan maka guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sehingga menarik siswa untuk senantiasa aktif dalam pembelajaran, serta mampu memberikan pengalaman belajar yang efektif guna menanamkan konsep yang lebih kuat dan tahan lama dalam memori intelegensi anak.
Pada dasarnya anak tunarungu di kelas XB SMALB Negeri X memiliki intelegensi yang sama dengan anak normal. Tetapi, karena keterbatasan bahasa dan keterbatasan komunikasi yang dimilikinya, mereka mengalamani hambatan pada aspek intelegensi yang bersifat verbal, sedang intelegensi yang bersumber pada penglihatan dan motoriknya normal bahkan dapat berkembang lebih cepat. Di SMALB Negeri X tempat peneliti bertugas, anak tunarungu yang memiliki intelegensi yang cukup untuk berkreativitas dalam pelajaran memasak pada khususnya dan pelajaran lain pada umumnya, masih belum dapat memaksimalkan kreativitasnya, hal ini diindikasikan dengan cara mereka belajar atau belajar bekerja yang masih menerima apa yang di instruksikan guru tanpa adanya pengembangan dari para siswa tersebut, kalaupun ada tingkat kreativitasnya masih sangat sedikit.
Menghasilkan masakan dengan cita rasa yang baik dan sesuai dengan selera merupakan tujuan utama dari pelajaran tata boga atau memasak disamping mendidik para siswa untuk memasak sesuai dengan cara atau teori yang benar. Tetapi penyajian dan penataan masakan yang menarik yang dapat mengundang selera memerlukan seni tersendiri. Untuk itu diperlukan kreativitas yang tinggi dari pemasak untuk menghasilkan masakan yang baik untuk menggugah selera.
Mengingat pentingnya kreativitas dalam kehidupan sehari-hari, semua orang pada umumnya, dan terlebih lagi bagi anak tunarungu pada khususnya, sudah sewajarnya bila pembinaan anak-anak di SMALB Negeri X perlu ditingkatkan. Hal ini sejalan dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) ketrampilan vokasional SMALB bagian B (Tunarungu) terutama Teknologi Pengolahan yang salah satunya berbunyi sebagai berikut : “Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk makanan dengan teknik daur ulang dan teknik pengolahan satu bahan menjadi berbagai produk makanan” (Depdiknas, 2006 : 150).
Kondisi kreativitas siswa di kelas X B SMALB Negeri X menunjukan bahwa dari 5 anak tunarungu yang ada hanya satu yang sudah menunjukan kreativitasnya dalam belajar dan itu pun belum secara maksimal. Hal ini disebabkan salah satunya oleh belum maksimalnya peneliti sabagi guru dalam mengembangkan kreativitas anak-anak didik di SMALB Negeri X. Oleh karena itu, dalam penelitian kali ini peneliti mencoba untuk melakukan upaya peningkatan kreativitas melalui perbaikan pembalajaran dalam penelitian tindakan kelas.

B. Rumusan Masalah
Atas dasar pemahaman terhadap latar belakang masalah tersebut diatas penelitian diharapkan dapat menjelaskan hal berikut : “Apakah melaui variasi hasil olahan keripik pisang dapat meningkatkan kretivitas siswa tunarungu dalam pelajaran memasak?”

C. Pembatasan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas, peneliti membatasi penelitian yakni pada masalah : “Kreativitas siswa Tunarungu kelas X B SMALB Negeri X dalam memasak melalui variasi hasil olahan keripik pisang”.

D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan latar belakang masalah penelitian, dan pembatasan masalah, akhirnya dapat peneliti simpulkan bahwa rumusan masalah sebagai hal yang perlu dipahami dan dikaji lebih mendalam dalam penelitian ini.
Adapun penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut : ”Ingin mengetahui peningkatan kreativitas anak Tunarungu kelas XB SMALB Negeri X dalam memasak melalui variasi olahan keripik pisang”.

E. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam pembinaan kreativitas siswa kelas XB SMALB Negeri X pada khususnya dan bagi pengembangan kreatifitas siswa tunarungu pada umumnya. Secara sederhana dapat dipetik manfaat penelitian sebaagai berikut :
1. Secara Teoritis
Manfaat penelitian ini secara teoritis adalah dapat dijadikan bahan referensi ilmu pendidikan pada umumnya dan bagi pendidikan luar biasa pada khususnya.
2. Secara Praktis
Sedangkan dalam praktiknya hasil penelitian ini bermanfaat sebagai berikut :
a. Bagi Siswa
Memberi gambaran dan motivasi untuk meningkatkan kreatifitas dalam memasak baik di sekolah maupun di rumah atau dikeluarga.
b. Bagi Peneliti
Sebagai acuan pada penelitian selanjutnya untuk senantiasa mengembangkan pembelajaran yang maksimal, selalu menghasilkan pemikiran yang inovatif, lebih jeli, dan kreatif guna menciptakan pembelajaran yang kondusif bagi anak tunarungu.
c. Bagi Teman Sejawat
Memotifasi teman sejawat untuk senantiasa berkompetitif dalam menciptakan atau mencari pembelajaran yang lebih baik sehingga tercipta kondisi belajar yang kondusif di SMALB Negeri X.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »