Skripsi Pelatihan Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Profesionalisme Prajurit

(Kode EKONMANJ-0024) : Skripsi Pelatihan Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Profesionalisme Prajurit

BAB. I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Landasan di dalam pencapaian peningkatan kemampuan prajurit dengan diberikannya kursus atau kepelatihan Sumber Daya Manusia secara nyata dan profesional. Di dalam usaha peningkatan kemampuan prajurit ada beberapa faktor yaitu faktor dari dalam personel (indogen) dan faktor dari luar personel (eksogen). Faktor indogen adalah beberapa aspek yang harus dipenuhi seorang personel di antaranya adalah Kesehatan fisik dan mental, kemampuan fisik (kecepatan, kekuatan, kelincahan, ketahanan, dll), ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan keahliannya, pengalaman dalam kerja yang menunjang bidang pekerjaannya, aspek kejiwaan yang baik (kepribadian, disiplin, ketekunan, kesungguhan, dll).
Peran seorang pelatih atau instruktur sangat menentukan di dalam pembinaan kemampuan dan ketrampilan prajurit. Kepelatihan dapat dilakukan secara efektif, seorang instruktur atau pelatih harus memiliki dan mengembangkan berbagai kompetensi (kecakapan) seperti kemampuan teknik yaitu kemampuan menuju spesialisasi melalui pendidikan, pengalaman dan usaha-usaha lain, kemampuan Konseptual yaitu kemampuan menyusun secara inovatif dan kreatif, analisis dalam pemecahan masalah, kemampuan Manajemen yaitu kemampuan administrasi dan supervisi maupun motivator, kemampuan interpersonal yaitu kemampuan hubungan baik antar manusia dan pendekatan perilaku sesuai bidang ketrampilan.
Pemilihan personel prajurit yang mempunyai semangat minat dan bakat serta kemauan yang tinggi untuk maju dan berprestasi, dukungan dari satuan, dalam hal ini komandan yang peduli dan mendukung secara maksimal (moril maupun material) tentunya sangat berarti pelatih atau instruktur dengan prajurit bimbingan dan pelatihan yang tersusun dan terprogram dengan baik, sehingga dalam jangka waktu yang cukup tentunya sangat berpengaruh terhadap personel.
Profesionalisme yang dimiliki prajurit marinir adalah kombinasi pengetahuan dan kemahiran yang berkemampuan tinggi dalam bidang dan spesifik. Pada dasarnya semua bidang pekerjaan memerlukan pelaksanaan yang profesional agar tercapai secara optimal.
Manfaat yang bisa diperoleh dari program pelatihan sebagai peningkatan profesionalisme prajurit adalah peningkatan kualitas pribadi prajurit yang profesional dengan mewujudkan sistem pembinaan latihan secara optimal, manajemen latihan, dan petunjuk materi latihan sebagai pedoman penyelenggaraan latihan, membangun budaya pelatihan yang berkualitas untuk membina prajurit yang tangguh dan profesional.

1.2 Rumusan Masalah
Dari semua uraian, dapat disimpulkan bahwa semua harapan, keinginan, cita-cita personel yang terwadahi di dalam satuan-satuan dalam rangka peningkatan dan kemampuan personel secara profesional harus selalu memperhatikan faktor-faktor, baik dalam diri prajurit (indogen) maupun faktor luar atau lingkungan (eksogen).
Berdasarkan pembahasan, maka rumusan masalah adalah :
Program pelatihan berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme prajurit.
1.3 Tujuan Penelitian
Sesuai dengan uraian pada latar belakang dan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pelatihan yang berpengaruh dominan terhadap progesionalisme prajurit.

1.4 Manfaat Penelitian
Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari program pelatihan sebagai peningkatan profesionalisme prajurit adalah :
1. Penulis atau mahasiswa
-Merupakan syarat utama guna memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di STIE X.
-Penelitian ini sangat membantu untuk menambah pengetahuan dan pengalaman, selain memperdalam ilmu yang telah diperoleh di perkuliahan.
2. Sekolah atau perpustakaan
Untuk menunjang serta menambah wawasan terhadap kemampuan di akademis.
3. Obyek penelitian
Dengan adanya penelitian ini maka prajurit dapat memberikan masukan-masukan yang berharga bagi penyempurnaan pelaksanaan program pelatihan dan peningkatan profesionalisme prajurit, agar sesuai dengan keinginan semua prajurit.
4. Masyarakat umum
Pihak-pihak dari masyarakat umum yang terkait dalam pelaksanaan program pelatihan dan peningkatan profesionalisme prajurit, pelaksanaan ini dapat dimanfaatkan sebagai informasi tambahan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »