Skripsi Analisa Dan Desain Sistem Informasi Pembelian Dan Penjualan Barang Dengan Aplikasi Visual Basic 6.0

(Kode INFORMAT-0001) : Skripsi Analisa Dan Desain Sistem Informasi Pembelian Dan Penjualan Barang Dengan Aplikasi Visual Basic 6.0

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam rangka pencapaian program kerja dan peningkatan kinerja perusahaan, hampir semua perusahaan berupaya untuk melakukan perubahan terhadap sistem kerja yang sudah ada karena sistem yang diterapkan hampir sudah tidak layak digunakan untuk kegiatan operasioal perusahaan terutama di dalam melakukan pengolahan data yang rumit dan bersifat rutinitas.
Toko X bergerak dalam bidang kelontong dan alat-alat tulis dan transaksi yang dilakukan setiap harinya cukup besar. Pada pengolahan data pembelian barang pengelola toko tidak membuatkan secara tertulis tentang biaya pembelian yang dilakukan, ini hanya dilakukan secara lisan kepada pemilik toko berdasarkan faktur pembelian. Hal ini menyebabkan tidak efesiennya pengelolaan biaya pembelian dan juga pemesanan barang dilakukan berdasarkan perkiraan tanpa mengetahui secara pasti stok barang yang ada. Sedangkan dalam pengelolaan data penjualan barang pembuatan laporan hanya dibuatkan secara garis besar yaitu berapa jumlah uang didapat setiap harinya. Selain itu juga ada masalah-masalah lain yang sering muncul seperti hilangnya faktur-faktur pembelian maupun faktur-faktur penjualan yang merupakan bukti-bukti dari transaksi-transaksi yang dilakukan.
Untuk itu perlu dibangun sebuah sistem informasi dan sebuah database yang dapat menampung data dalam jumlah banyak sehingga apabila dilakukan pengaksesan terhadap suatu data akan lebih mudah untuk mendapatkannya dan juga mudah melakukan perhitungan dalam jumlah banyak sehingga informasi yang diperoleh lebih baik dan cepat.
Berdasarkan dari masalah diatas penulis akan memberikan sebuah solusi yang akan dibahas pada uraian dari masing-masing bab dengan judul “ANALISA DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN BARANG DENGAN APLIKASI VISUAL BASIC 6.0 PADA TOKO X”

1.2 Ruang Lingkup Masalah
Agar penulisan penelitian ini lebih terarah, maka penulis akan memberikan batasan masalah yang akan dibahas sehingga hal ini tidak menyimpang dari tujuan yag hendak dicapai. Pembahasan masalah berorietasi pada penggunaan komputer dalam melakukan pengolahan data pembelian dan penjualan barang pada Toko X, serta menganalisis sistem pengolahan data yang sudah diterapkan selama ini serta kelemahan-kelemahan dari sistem tersebut.
Dalam pembahasan dititik beratkan terhadap penggunaan Visual Basic 6.0 sebagai software aplikasi dalam sistem pembelian dan penjualan barang pada Toko X.

1.3 Rumusan Masalah
Melihat kenyataan seperti yang telah diuraikan pada latar belakang masalah diatas dapat dirumuskan bahwa masalah yang dihadapi Toko X adalah sebagai berikut :
1. Proses pengolahan data pembelian dan penjualan masih dilakukan secara manual sehingga mengakibatkan kurang efesien dalam mengelola keuangan.
2. Penyimpanan faktur pembelian dan penjualan masih dalam bentuk arsip-arsip, sehingga menyulitkan dalam pencarian kembali suatu dokumen yang diperlukan dan juga keamanannya tidak terjamin.
3. Pengelolaan persediaan hanya berdasarkan perkiraan sehingga menyebabkan keraguan pemilik toko dalam mengambilan keputusan dan kerugian.

1.4 Hipotesis
Berdasarkan rumusan masalah diatas maka dapat dikemukakan hipotesis bahwa dengan dirancangnya sistem yang baru maka dapat menghasilkan laporan-laporan yang bisa membantu pimpinan dalam mengambil keputusan dan meningkatkan keuntungan juga penyimpanan data secara elektronik akan lebih aman serta dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerja.

1.5 Tujuan dan Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini ada beberapa hal yang hendak dicapai antara lain :
1. Membuat sebuah sistem informasi yang dapat melakukan pengolahan data pembelian dan penjualan barang.
2. Merancang sistem informasi yang dapat menghasilkan laporan-laporan secara terperinci serta memudahan dalam mencari informasi apabila ada pengkoreksian terhadap data tertentu.
3. Membandingkan sejauh mana efesiensi dan efektifitas sistem informasi yang dirancang dengan sistem yang sedang berjalan.
Hasil penelitian ini akan bermanfaat bagi :
1. Peneliti
Dapat menerapkan ilmu yang penulis didapatkan selama kuliah di Universitas X.
2. Pemilik toko
Pemilik toko mengetahui kekurangan-kekurangan sistem yang diterapkan selama ini dan dapat lebih mudah mengambil keputusan untuk meningkatkan keuntungan.
3. Peneliti berikutnya
Lebih mudah memahami sistem informasi yang sedang berjalan sehingga bisa memberikan solusi yang tepat terhadap kekurangan dan kelemahan sistem.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »