Search This Blog

Makalah Jenis Struktur Organisasi Sumber Daya Manusia

Judul : Makalah Jenis Struktur Organisasi Sumber Daya Manusia

Daftar Isi :
PENDAHULUAN, MODEL, STRUKTUR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA, A. Model-Model Manajemen Sumber Daya Manusia, 1. Model Klerikal, 2. Model Legal, 3. Model Finansial, 4. Model Manajerial, 5. Model Humanistik, 6. Model Ilmu Perilaku, B. Struktur Manajemen Sumber Daya Manusia, C. Struktur Organisasi, Jenis-Jenis Struktur Organisasi, 1. Organisasi Fungsional (Functional Organization), 2. Organisasi Produk / Pasar (Product or Market Organization), D. Kelemahan dan Kelebihan Struktur Organisasi, DAFTAR PUSTAKA.


Sekilas Isi :
Setiap organisasi tentunya mempunyai tujuan-tujuan yang hendak dicapainya. Tujuan-tujuan ini diraih dengan mendayagunakan sumber-sumber dayanya yang ada. Organisasi yang berhasil adalah yang secara efektif dan efisien mengkombinasikan sumber-sumber dayanya guna menerapkan strategi-strateginya. Sungguhpun begitu, yang menjadi pusat bagi setiap strategi, untuk setiap penggunaan sumber daya, adalah karyawan-karyawan yang merencanakan dan melaksanakan strategi-strategi sebuah organisasi. Seberapa baik sebuah organisasi memperoleh, memelihara, dan mempertahankan sumber-sumber daya manusianya merupakan determinan utama dari keberhasilan dan kegagalannya.
Manajemen sumber daya manusia merupakan aktivitas yang perlu di dalam semua organisasi. Titik fokusnya adalah orang-orang. Orang-orang merupakan darah organisasi. Tanpa mereka, tidak akan ada kebutuhan akan sistem manajemen sumber daya manusia, program-program ataupun prosedur-prosedur.
Dalam model manajemen sumber daya manusia terdapat enam model yang dapat digunakan untuk menyusun berbagai aktivitas manajemen sumber daya manusia. Tujuan manajemen sumber daya manusia dan tipe aktivitas yang ditekankan dalam setiap model tersebut memberikan berbagai kemungkinan arah manajemen sumber daya manusia di masa mendatang. Betapapun terdapat kemungkinan bahwa semua model tersebut bakal berkembang baik di masa yang akan datang, bukti-bukti yang ada menunjukkan bahwa beberapa diantara model tersebut menderita kemunduran, sedangkan model yang lainnya mengalami kemajuan.
Struktur organisasi merupakan kerangka dalam mana organisasi itu beroperasi. Walaupun terdapat beribu-ribu struktur organisasi yang berbeda-beda, semuanya itu merupakan variasi-variasi atau kombinasi-kombinasi saja dari tiga jenis dasar : organisasi garis, organisasi garis dan staf, dan organisasi matriks.
Untuk lebih jelasnya baik mengenai model dan struktur sumber daya manusia akan dijelaskan pada bab berikutnya.

MODEL, STRUKTUR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
A. Model-Model Manajemen Sumber Daya Manusia

Terdapat enam model yang dapat digunakan untuk menyusun berbagai aktivitas manajemen sumber daya manusia, diantaranya adalah :
- Model klerikal
- Model legal
- Model finansial
- Model manajerial
- Model humanistik
- Model ilmu perilaku
1. Model Klerikal
Dalam model klerikal ini, fungsi departemen sumber daya manusia yang terutama adalah membuat dan menyimpan laporan, data, catatan-catatan dan melaksanakan tugas-tugas rutin.
* Fungsi departemen sumber daya manusia :
- Menangani kertas kerja yang dibutuhkan
- Mematuhi berbagai peraturan, dan
- Melaksanakan tugas-tugas kepegawaian rutin
* Peran departemen sumber daya manusia cenderung pasif dan lemah dalam model ini. Apabila ada permasalahan sumber daya manusia yang kompleks dan mendesak, maka masalah tersebut akan diserahkan kepada manajer senior dan bawahan mereka atau bahkan diabaikan.
* Implikasi model ini terhadap sumber daya manusia adalah bahwa model ini tidak mendorong adanya peran departemen sumber daya manusia dalam proses perencanaan strategik. Model ini juga menyebabkan departemen sumber daya manusia tidak disertakan dalam pembentukan kultur organisasi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »