Search This Blog

Makalah Mengurangi Polusi Dengan Hutan Kota

Judul : Makalah Mengurangi Polusi Dengan Hutan Kota

KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, BAB I PENDAHULUAN, A. Latar Belakang, B. Rumusan Masalah, BAB II PEMBAHASAN, A. Pencemaran, 1. Pengertian Pencemaran Lingkungan, 2. Macam Pencemaran Lingkungan, 3. Asal Bahan Pencemar, 4. Pengaruh Pencemaran Terhadap Kesehatan, B. Hutan Kota, 1. Pengertian Hutan Kota, 2. Keberadaan Lingkungan
3. Peran Hutan Kota, BAB III PENUTUP, A. Kesimpulan, B. Saran, DAFTAR PUSTAKA.

A. Latar Belakang
Setiap makhluk hidup menginginkan agar tempat tinggalnya lestari. Lingkungan hidup yang lestari akan memberi kebahagiaan bagi penghuninya. Lingkungan hidup yang lestari berarti lingkungan yang bebas dari berbagai pencemaran. Masalah pencemaran telah cukup lama dirasakan baik di negara-negara maju maupun di negara-negara yang berkembang, khususnya kota-kota di setiap negara. Maka setiap warga masyarakat perlu mengenali masalah lingkungan hidupnya.
Hutan kota adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan di kota. Hutan kota tidak selalu ada di setiap kota di Indonesia, sehingga dampak pencemaran lingkungan di kota semakin berbahaya bagi kesehatan manusia. Pendek kata, kita semua perlu mempelajari peran hutan kota mengurangi pencemaran lingkungan di kota dan apa saja manfaat yang lain.
Tentunya kita semua tahu kewajiban kita sebagai pelajar. Ya ! Tugas dan kewajiban kita adalah belajar dengan giat guna membangun masa depan serta memajukan perkembangan bangsa Indonesia di dunia internasional.
Kita semua mengerti bahwa masalah pencemaran lingkungan di kota semakin meningkat. Umumnya kita para pelajar tidak terlalu memusingkan masalah lingkungan hidup, karena dalam benak kita masalah itu adalah urusan orang-orang atas, orangtua, atau pemerintah.
Tujuan penyusunan Karya Tulis ini adalah mengajak semua orang khususnya para siswa-siswi agar mau memperhatikan keberadaan lingkungan yang semakin rusak dan mengenal apa yang dimaksud hutan kota, dan perannya dalam mengurangi dampak pencemaran lingkungan di kota, dan turut serta untuk memeliharanya. Selain itu, tujuan yang lain dari penyusunan Karya Tulis ini adalah melengkapi kompetensi dasar mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang kurang.
Hutan kota merupakan pendekatan dan penerapan salah satu atau beberapa fungsi hutan dalam kelompok vegetasi di perkotaan untuk mencapai tujuan proteksi, rekreasi, estetika, dan kegunaan fungsi lainnya bagi kepentingan masyarakat perkotaan. Untuk itu, hutan kota tidak hanya berarti hutan yang berada di kota, tetapi dapat pula berarti bahwa hutan kota dapat tersusun dari komponen hutan, dan kelompok vegetasi lainnya yang berada di kota, seperti taman kota, jalur hijau, serta kebun, dan pekarangan.
Berekreasi di alam bebas sudah merupakan kebutuhan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan yang dalam kesehariannya sudah penuh dengan ketegangan dan kebisingan. Dan hutan kota merupakan salah satu tempat untuk melepas ketegangan dan stress, sehingga memperoleh kesegaran, baik jasmani maupun rohani.
Selain untuk melepaskan kejenuhan, hutan kota pun dapat berfungsi untuk menghambat penurunan kualitas lingkungan di wilayah perkotaan, terutama yang diakibatkan oleh berbagai pencemaran yang dapat merusak lingkungan dan mengganggu tatanan kehidupan masyarakat perkotaan. Adapun pemahaman tentang peranan hutan kota tidak terlepas dari upaya memahami keunggulan vegetasi (baca : adanya tumbuh-tumbuhan) dalam rekayasa lingkungan, sekaligus mengenali pula sifat-sifat tumbuhan beserta bagian-bagiannya dan bagaimana pengaruhnya terhadap lingkungan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »