Search This Blog

Peranan Public Relation Officer Dalam Membangun Citra Perusahaan Di PT Radio X

(Kode ILMU-KOM-0026) : Tugas Akhir D3 - Peranan Public Relation Officer Dalam Membangun Citra Perusahaan Di PT Radio X

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pada era globalisasi saat ini, radio swasta diharapkan mampu memberikan informasi dan hiburan (entertain) yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Selain radio sebagai media massa elektronik yang harganya cukup terjangkau sehingga hampir semua orang memilikinya dan bersifat auditif serta dalam menyampaikan pesan dapat langsung didengarkan oleh pendengarnya. Oleh karena itu, radio dapat menjadi pilihan selain televisi.
Dalam menghadapi era global, X 92,9 FM dituntut untuk dapat menciptakan budaya perusahaan yang baik agar mendapatkan kepercayaan dari publik, apalagi X 92,9 FM tergolong stasiun radio swasta yang masih baru yaitu baru beroperasi sekitar tiga tahun yang lalu. Untuk dapat menciptakan citra yang baik maka dibutuhkan seorang Public Relations Officer professional yang diharapkan mampu membangun good image dari X 92,9 FM. Public relations sangat penting bagi sebuah organisasi karena aktivitasnya dapat menjadi wahana integrasi internal, menjembatani saling pengertian anggota komunitas, sehingga menimbulkan loyalitas pada kalangan karyawan dan memperkuat etos kerja di kalangan direksi / manajer.
Disinilah kegiatan humas (public relations) memegang peranan penting. Sebab peran humas sangat dominan dalam menjalin hubungan antara perusahaan dengan publiknya, baik publik internal maupun publik eksternal, karena segala kegiatan public relations terkandung unsur – unsur yakni citra baik(good image), itikad baik (good will), saling pengertian (mutual understanding), saling mempercayai (mutual appreciation) serta toleransi yang dapat menghantarkan perusahaan pada hubungan yang baik dan pada akhirnya akan membentuk citra yang positif terhadap perusahaan. Selain itu, seorang public relations juga mempunyai peranan yang penting dalam menangani persoalan – persoalan yang berkaitan dengan keinginan dan harapan stakeholders, baik itu stakeholders internal (pihak internal perusahaan) maupun stakeholders eksternal (pendengar dan media massa baik cetak seperti koran dan majalah ataupun elektronik dalam konteks ini adalah stasiun televisi) demi perkembangan X 92,9 FM untuk kearah yang lebih baik serta dapat membangun kepercayaan publik. Adanya kepercayaan dari publik (public trust) akan memberikan image yang positif terhadap keberadaan X 92,9 FM.
Kuliah Kerja Media bisa dikatakan mempunyai arti yang penting bagi profesi public relations adalah untuk meningkatkan serta memperluas pengalaman autentik di dalam dunia kerja nyata, selain ini untuk menerapkan teori serta praktek yang telah diberikan selama mengikuti perkuliahan. Kuliah kerja Media adalah kesertaan mahasiswa secara nyata dan langsung dalam kegiatan kerja profesi baik pada satu atau lebih perusahaan instansi tempat KKM merupakan wahana untuk menerapkan dan mempraktekkan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan serta untuk mengenal dan mempelajari pekerjaan yang berkaitan dengan public relations.
Untuk itulah penulis memilih PT. X (X 92,9 FM) yang terletak di jalan Menteri Supeno No. 6 Manahan Surakarta ini sebagai tempat melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) 2006, ini dengan pertimbangan bahwa penulis ingin lebih mengetahui segala kegiatan public relations X 92,9 FM karena X 92,9 FM tergolong sebagai stasiun radio baru yang masih dalam tahap membangun image positif dari publik. Penulis memulai KKM pada tanggal 1 Februari sampai dengan 16 Maret 2006 dan ditempatkan pada Bussines Development Division sebagai Public Relations.

B. Tujuan Kuliah Kerja Media (KKM)
Selain sebagai salah satu syarat kelulusan guna memperoleh gelar Ahli Madya (A. Md) bidang Komunikasi Terapan, proses Kuliah Kerja ini dilaksanakan agar mahasiswa dapat mengambil suatu pelajaran yang positif selama melaksanakan Kuliah Kerja Media. Adapun tujuan penulis dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Media di PT. X (X 92,9 FM) adalah sebagi berikut :
1. Ingin mengetahui peranan Public Relations Officer dalam membangun image perusahaan di PT. X (X 92,9 FM)
2. Memperoleh pengalaman secara nyata tentang dunia kerja beserta system kerja yang sebenarnya.
3. Mengenal lebih dekat aktivitas kerja kehumasan radio di PT. X (X 92,9 FM)
4. Melatih penulis untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menghadapi permasalahan dan menyelesaikan tugas – tugas di lingkungan kerja.
5. Membekali mahasiswa untuk menambah ketrampilan dan pengetahuan khususnya bidang kehumasan agar dapat terjun ke dunia kerja secara maksimal serta menjadi seorang humas yang professional.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »