Search This Blog

Skripsi Rancangan Perangkat Lunak Pengkodean Sandi Morse Dengan Metode BST (Binary Search Tree)

(Kode INFORMAT-0027) : Skripsi Rancangan Perangkat Lunak Pengkodean Sandi Morse Dengan Metode BST (Binary Search Tree)

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pengiriman berita yang digunakan dalam komunikasi berawal dari penggunaan Sandi Morse yang digunakan pada kegiatan kepramukaan, pada jaman dahulu untuk komunikasi jarak jauh masyarakat telah mengenal penggunaan Sandi Morse yang mana berita disampaikan dengan bantuan sejumlah media berupa asap, bunyi klakson, sinar lampu, sampai pengiriman berita jarak jauh menggunakan arus listrik analog maupun digital. Hal ini digunakan untuk menggantikan isyarat Semaphore (isyarat yang menggunakan dua buah bendera) sebagai media penyampaian berita dimana pemakaian Semaphore hanya bisa sebatas pandangan mata saja. Penggunaan Sandi Morse yang sering digunakan selama ini biasanya terdiri dari garis “-“ dan titik “?” dimana penggabungan beberapa titik dan garis akan melambangkan suatu karakter tertentu sehingga bagi orang awam akan kesulitan untuk membaca ataupun menyandikan sandi yang akan digunakan. Untuk mempermudah penggunaan Sandi Morse sebagai salah satu media penyampaian berita yang masih digunakan saat ini, maka di era baru ini dilibatkanlah penggunaan komputer beserta perangkat lunaknya sebagai alat yang paling efisien untuk penyusunan dan penerjemah data. Penggunaan metode BST di dalam penelusuran Sandi Morse yang terdiri dari lambang garis dan titik dapat dilakukan dengan mudah, dimana pencarian dengan metode BST akan dilakukan dengan mencari tree dari sebelah kiri dan kanan. Agar pencarian dapat dilaksanakan dengan cara yang mudah dan cepat, maka pengkodean Sandi Morse tersebut harus disusun menggunakan suatu bentuk struktur data seefisien mungkin yang akan mendukung cepatnya waktu akses, waktu telusur dan waktu cari sandi pada saat dibutuhkan.

1.2 Identifikasi Permasalahan
Dalam penelitian ini akan dibangun perangkat lunak pengkodean Sandi Morse dengan Binary Search Tree yang seimbang. Pada pencarian/penelusuran Sandi Morse yang akan disajikan dalam struktur data berantai (link list), dimana dalam pencarian/penelusuran tersebut data terlebih dahulu diurutkan sesuai dengan kode ASCII. Dalam pohon pengkodean Sandi Morse dengan metode Binary Search Tree yang akan dibuat, suatu tanda akan bergerak ke arah sandi yang akan dituju setelah terjadi proses perbandingan. Akan terdapat dua buah pointer yang menunjukkan cabang suatu pohon yaitu cabang kiri dan cabang kanan. Informasi yang dikirim atau diterima berupa sandi atau karakter dimana sandi dinyatakan sebagai kombinasi garis dan titik.

1.3 Batasan Masalah
Agar penulisan penelitian ini tidak terlalu luas serta tidak menyimpang dari pokok permasalahan yang diketengahkan penulis, maka penulis membuat batasan pada:
1. Perangkat lunak yang dibuat hanya menampilkan urutan karakter Sandi Morse berdasarkan urutan ASCII dan menampilkan pohon BST nya.
2. Program yang dibuat mulai mencari dari pohon sebelah kiri dan selanjutnya akan mencari ke sebelah kanan. 3. Tidak menggunakan sistem jaringan komputer.

1.4 Tujuan
Tujuan yang ingin diperoleh adalah untuk menerapkan penggunaan Binary Search Tree untuk penelusuran Sandi Morse agar operasi sisip, hapus dan cari dapat dilakukan dengan efisien.

1.5 Manfaat
Adapun manfaat dari penyusunan penelitian ini adalah mempermudah pencarian dan penerjemahan Sandi Morse.

1.6 Metode Penelitian
Untuk menyusun skripsi ini, penulis mengadakan dua pendekatan dalam mengumpulkan metodologi penelitian yang berhubungan dalam menyelesaikan metode penelitian skripsi ini yaitu :
a. Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Penelitian kepustakaan adalah metode penelitian yang dilakukan untuk memperoleh data yang bersumber dari buku-buku atau literatur-literatur yang tersedia di perpustakaan, baik berupa bahan-bahan kuliah, brosur, majalah maupun bahan bacaan lainnya untuk menunjang pembuatan alat, baik pada perangkat lunak maupun perangkat keras.
b. Penelitian Lapangan (Field Research)
Penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan di lapangan secara langsung untuk mengumpulkan beberapa keterangan atau data yang diperlukan untuk penulisan skripsi ini.

1.7 Sistematika Penulisan
Langkah-langkah yang ditempuh dalam penulisan penelitian ini adalah:
BAB 1 PENDAHULUAN
Pada Bab 1 ini menyajikan latar belakang, identifikasi masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat, metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB 2 LANDASAN TEORI
Pada Bab 2 ini membahas tentang teori tree/pohon, binary tree, Kunjungan pada binary tree, Sandi Morse, pengaturan suara yang terdapat dalam pemrograman Visual Basic 6.0.
BAB 3 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Pada Bab 3 akan dijelaskan analisis permasalahan dan analisis struktur perangkat lunak yang dipakai.
BAB 4 IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Pada Bab 4 ini akan menjelaskan perancangan perangkat lunak serta pembahasan atas perangkat lunak yang penulis rancang serta implementasi perangkat lunak.
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN
Pada Bab 5 ini berisi kesimpulan dan saran untuk tahap pengembangan perangkat lunak selanjutnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »