Search This Blog

Skripsi Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Untuk Jasa Penyewaan Kaset VCD

(Kode INFORMAT-0008) : Skripsi Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Untuk Jasa Penyewaan Kaset VCD

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Deskripsi objek secara umum
Rental VCD X ini berawal dari usaha yang didirikan oleh X di Jakarta pada tahun XXXX. Dari tahun-ke tahun rental X mengalami perkembangan yang cukup baik. Mulai dari kuantitas VCD yang bertambah banyak serta jenis film yang beraneka ragam. Hingga saat ini rental VCD X telah mempunyai koleksi 2000 kaset VCD. Rata-rata setiap harianya jumlah kaset yang disewa mencapai mencapai 70 kaset dan pada malam minggu jumlah kaset yang keluar mencapai 100-an kaset yang keluar.
Rental X mulai buka pada jam 08.00-24.00 WIB dalam tujuh hari namun pada hari besar nasional rental ini tutup. Struktur organisasi Rental X secara umum:

** BAGIAN INI SENGAJA TIDAK DITAMPILKAN **

Job Description
a. Pemimpin
Mengawasi anggota, memeriksa laporan bulanan, menyediakan kaset baru, dan menentukan tujuan kedepan.
b. Karyawan
Melayani pelanggan, merawat kaset, merekap laporan keuangan dan ikut menjaga kelangsungan rental.

1.2. Ruang lingkup sistem yang dijadikan objek
1.2.1 Level
Sistem yang nanti akan merawat kami jadikan objek adalah merupakan knowledge-level system, mendukung pekerja organisasi yang bekerja pada bagian data dan knowledge. Tujuan dari knowledge-level system adalah untuk membantu perusahaan untuk mengintegrasikan adanya knowledge baru kedalam perusahaan dan membantu organisasi untuk mengendalikan aliran dokumen dalam perusahaan.
1.2.2 Fungsi
Sedangkan fungsi dari sistem yang akan dibuat adalah untuk membantu perusahaan mengintegrasikan adanya knowledge baru kedalam perusahaan dan membantu organisasi untuk mengendalikan aliran dokumen dalam perusahaan.

1.3 Kondisi sistem yang ada pada saat ini
1.3.1 Sistem informasi yang ada pada saat ini
Sistem informasi yang ada saat ini di rental X masih sangat manual dimana semuanya dikerjakan dengan tangan, mulai dari peminjaman, pengembalian dan rekap data kaset dan pemasukan
1.3.2 Model pengambilan keputusan dari sistem yang ada
Cara pengambilan keputusan dari system yang ada adalah dengan cara knowledge-level decision making : mengevaluasi ide-ide baru untuk barang, pelayanan, cara untuk menyampaikan pengetahuan baru dan cara untuk mengirim informasi.
1.3.3 Pemanfaatan sistem informasi dalam pengamilan keputusan
Pemanfaatan sistem informasi dalam pengambilan keputusan memberikan informasi hasil kepada orang atau aktivitas yang akan menggunakannya. Manfaat sistem informasi dalam pengambilan keputusan adalah untuk memudahkan karyawan dalam melakukan kerjanya dan memudahkan pelanggan dalam menyewa film.

1.4 Data flow diagram dan Context diagram

** BAGIAN INI SENGAJA TIDAK DITAMPILKAN **

Artikel Terkait

Previous
Next Post »