Search This Blog

Skripsi Implementasi Metrik Pada Pengembangan Perangkat Lunak

(Kode INFORMAT-0004) : Skripsi Implementasi Metrik Pada Pengembangan Perangkat Lunak

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Pengukuran merupakan salah satu dasar dari semua disiplin ilmu teknik. Rekayasa perangkat lunak dalam IEEE Standard 610.12 didefinisikan sebagai berikut: “The application of a systematic, disciplined, quantifiable approach to the development, operation, and maintenance of software; that is, the application of engineering to software”. Seperti profesi di bidang teknik pada umumnya, proses rekasaya perangkat lunak juga memiliki metrik.
Metrik digunakan oleh industri perangkat lunak untuk mengukur proses pembuatan, operasi, dan perawatan perangkat lunak. Melalui metrik, dapat diperoleh informasi-informasi berharga dan parameter-parameter sebagai bahan evaluasi yang obyektif mengenai atribut-atribut dan status dari suatu pengembangan perangkat lunak. Implementasi metrik perangkat lunak pada suatu proses pengembangan perangkat lunak dan pada suatu produk perangkat lunak melibatkan tahapan-tahapan kompleks yang memerlukan pembelajaran yang berkelanjutan, yang pada akhirnya dapat memberikan pengetahuan mengenai status dari suatu proses pembuatan perangkat lunak dan atau suatu produk dari perangkat lunak.
Dengan melakukan evaluasi pada atribut-atribut yang ada dalam perangkat lunak, dapat diperoleh status dari suatu perangkat lunak. Dari hal ini, situasi yang ada dapat diidentifikasi dan diklasifikasikan, yang dapat digunakan untuk membantu dalam mencari peluang-peluang baru yang bisa digunakan untuk pengembangan dan perbaikan perangkat lunak. Evaluasi seperti ini pada akhirnya dapat digunakan untuk membuat perencanaan dalam perubahan-perubahan yang mungkin perlu diimplementasikan di masa yang akan datang. Atribut-atribut yang diidentifikasi ini juga dapat digunakan sebagai referensi dan bahan pertimbangan bagi proses pengembangan perangkat lunak lainnya.
Metrik perangkat lunak memiliki batasan-batasan yang luas. Metrik perangkat lunak tergantung pada atribut-atribut perangkat lunak yang ingin dinilai kuantitas dan kualitasnya. Secara umum, metrik perangkat lunak dibagi dalam dua kelas yang berbeda, yaitu metrik yang digunakan pada proyek pengembangan perangkat lunak dan metrik yang digunakan pada produk perangkat lunak. Metrik pada proyek pengembangan perangkat lunak berhubungan dengan tenaga dan pikiran yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek, sumber daya yang digunakan untuk menyelesaikannya, dan metodologi yang diterapkan, misalnya: waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan, tenaga ahli yang diperlukan, biaya-biaya yang dikeluarkan, dan metodologi yang digunakan dalam pembuatan perangkat lunak.
Banyak tipe dari atribut-atribut dari perangkat lunak yang dapat diukur. Metrik yang diaplikasikan sangat bergantung pada sifat alamiah dari produk perangkat lunak yang dibuat. Misalnya, ingin diketahui seberapa banyak kebutuhan yang dimiliki oleh suatu proyek, spesifikasi perangkat lunak (untuk memperkecil ambiguitas) dan kelengkapan yang digunakan untuk memenuhi seluruh fungsi yang diperlukan. Pada produk dari suatu aplikasi, mungkin ingin diketahui jumlah baris kode, kerumitan, fungsionalitas yang dipenuhi, jumlah kesalahan yang mungkin dapat terjadi, dan jumlah ujicoba yang dilakukan untuk memastikan bahwa semua keperluan sudah diimplementasikan. Di sisi lain, reliabilitas dari suatu perangkat lunak dapat diukur ketika produk tersebut telah didistribusikan kepada konsumen.
Para ahli di bidang rekayasa perangkat lunak sebenarnya belum berhasil memutuskan metrik yang tepat yang dapat diterima secara universal. Selain itu tiap orang biasanya menggunakan berbagai macam metode spesifik untuk mengukur atribut-atribut yang berbeda dari perangkat lunak yang mereka buat. Hal itu mengakibatkan banyak kontroversi yang timbul karena metrik-metrik yang telah diterapkan sangat beragam. Para ahli di bidang rakayasa perangkat lunak masih harus melalui jalan panjang untuk mencapai suatu rumusan metrik yang tepat untuk melakukan evaluasi terhadap proses pengembangan dan produk dari perangkat lunak.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka dalam tugas akhir ini masalah yang dirumuskan adalah implementasi teori metrik perangkat lunak dalam suatu proyek pengembangan perangkat lunak yang nyata.

1.3 Batasan Masalah
Sesuai dengan rumusan yang telah dipaparkan, maka batasan yang diberlakukan dalam tugas akhir ini adalah implementasi teori mengenai metrik perangkat lunak pada salah satu proyek pengembangan perangkat lunak yang sedang dikerjakan. Metrik digunakan untuk melakukan estimasi tenaga kerja yang diperlukan untuk mengembangkan perangkat lunak berdasarkan desain yang diajukan. Metrik diterapkan pada fungsionalitas perangkat lunak. Bahasan tidak mencakup estimasi elemen-elemen fisik seperti spesifikasi perangkat keras.

1.4 Tujuan Penulisan Tugas Akhir
Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengimplementasikan teori mengenai metrik perangkat lunak pada suatu proyek pembuatan perangkat lunak. Hasil yang diharapkan adalah petunjuk yang digunakan untuk menghitung besar sumber daya manusia yang diperlukan dalam suatu pengembangan perangkat lunak, yang dihitung dengan satuan orang-jam.

1.5 Metodologi Penyusunan Tugas Akhir
Metode yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah
1. Tinjauan pustaka, mempelajari buku, artikel, dan situs yang terkait dengan metrik pada perangkat lunak.
2. Wawancara, melakukan studi dengan metode wawancara kepada dosen ataupun praktisi yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas dalam tugas akhir ini.
3. Pengumpulan data, mengumpulkan data-data yang terkait dengan proyek pembuatan perangkat lunak yang sedang dikerjakan.
4. Implementasi, mengimplementasikan teori metrik perangkat lunak pada proyek pengembangan perangkat lunak yang sedang dikerjakan.
5. Penulisan tugas akhir, dimulai dari pembuatan proposal sampai dengan pembuatan kesimpulan dari implementasi metrik perangkat lunak yang telah dilakukan.

1.6 Sistematika Penulisan Tugas Akhir
Penulisan tugas akhir ini tersusun dalam 5 (lima) bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB I Pendahuluan
Bab Pendahuluan berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penyusunan tugas akhir, metodologi, dan sistematika penyusunan tugas akhir.
BAB II Dasar Teori
Dasar Teori berisi beberapa teori yang mendasari penyusunan tugas akhir ini. Adapun yang dibahas dalam bab ini adalah teori yang berkaitan dengan metrik dan estimasi perangkat lunak.
BAB III Desain Sistem
Pada bab ini diuraikan deskripsi dan desain perangkat lunak yang sedang dikembangkan. Desain perangkat lunak meliputi Software Requirement Specification (SRS) dan Software Design Specification (SDS).
BAB IV Implementasi dan Pembahasan
Berisi implementasi dan evaluasi terhadap metrik perangkat lunak yang telah diterapkan dalam proses pembuatan perangkat lunak.
BAB V Penutup
Bab Penutup berisi Kesimpulan dan Saran.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »