Search This Blog

Kegiatan Komunikasi Sebagai Sarana Humas Untuk Meningkatkan Citra Positif Perusahaan Di Mata Publik Internal Dan Eksternal PT PLN Distribusi X Dan X

(Kode ILMU-KOM-0025) : Tugas Akhir D3 - Kegiatan Komunikasi Sebagai Sarana Humas Untuk Meningkatkan Citra Positif Perusahaan Di Mata Publik Internal Dan Eksternal PT PLN Distribusi X Dan X

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam sebuah organisasi, Public Relations atau biasa disebut dengan Humas merupakan salah satu bagian / departemen yang mempunyai tugas bertanggung jawab mendengarkan dan menampung segala kritik, keluhan, ataupun saran dari masyarakat. Bidang Public Relations/ Humas adalah suatu bidang yang sangat luas yang menyangkut hubungan dengan berbagai pihak. Public Relations/Humas tidak selalu merupakan alat promosi, karena dalam kenyataannya masih sering dijumpai salah pengertian tentang Public Relations/Humas. Kebanyakan orang menganggap Public Relations/Humas sekedar menjual senyum, propaganda dengan tujuan memperoleh kemenangan sendiri, atau mendekati pers dengan tujuan memperoleh suatu pemberitaan. Padahal sebenarnya Public Relations/Humas merupakan hal yang sangat penting yang keberadaannya harus dapat menyesuaikan sebuah organisasi dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.
Kebutuhan tenaga seorang Public Relations/Humas sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan, terlebih lagi kebanyakan beberapa perusahaan yang cukup besar di Indonesia sangat memerlukan tenaga seorang Public Relations untuk membangun hubungan yang baik dengan publik internal maupun publik eksternal.
Kemampuan secara praktis sangat diperlukan dalam era globalisasi seperti sekarang ini yang semuanya serba modern dan menggunakan teknologi canggih. Tenaga-tenaga yang terampil yang tidak hanya berbekal kemampuan teoritis akan semakin diperhitungkan dan dibutuhkan dalam dunia kerja. Untuk itulah setiap mahasiswa dilatih untuk bisa mempraktekkan segala ilmu yang diberikan pada saat kuliah ke dalam latihan praktek dunia kerja yang nyata dan salah satunya adalah dengan Kuliah Kerja Media, sebagai salah satu wadah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimilikinya. Kuliah Kerja ini juga dipersiapkan untuk para mahasiswa agar setelah lulus nantinya dapat langsung terjun ke dunia kerja yang sebenarnya.
Sehubungan dengan hal tersebut maka penulis memilih PT. PLN (Persero) Distribusi X dan X sebagai tempat untuk mempraktekkan semua teori yang telah di dapatkan di bangku kuliah dan tempat untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang komunikasi, khususnya pada bidang Public Relations/Humas supaya terampil dan memiliki wawasan tentang dunia kerja Public Relations.
PT. PLN (Persero) Distribusi X dan X merupakan sebuah perusahaan yang memiliki Budaya Perusahaan yang jelas yang meliputi falsafah, visi dan misi, serta tata nilai perusahaan PT. PLN (Persero) yang mampu mewujudkan wawasan bersama dengan selalu menjunjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai, diantaranya :
a. Saling percaya (mutual trust)
b. Integritas (integrity)
c. Peduli (care)
d. Pembelajaran (learner)
Dalam kesempatan ini penulis akan dapat memahami dan mengetahui bagaimana peran dan tugas seorang Public Relations/Humas dalam menjalankan tugas kesehariannya. Beban yang dipikul oleh seorang Public Relations/Humas tidaklah ringan karena sebagai ujung tombak sebuah perusahaan yang sudah dikenal banyak orang pastilah memiliki berbagai macam permasalahan. Saat menyelesaikan sebuah permasalahan perusahaan seorang Public Relations/Humas harus sangat berhati-hati, karena segala keputusan yang diambil sangat erat kaitannya dengan hubungan baik perusahaan di mata publik eksternal maupun internalnya. Untuk itulah, pada kesempatan ini penulis bermaksud menyusun Tugas Akhir dengan judul “ KEGIATAN KOMUNIKASI SEBAGAI SARANA HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN DI MATA PUBLIK INTERNAL DAN EKSTERNAL PADA PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI X DAN X “

B. Tujuan Kuliah Kerja Media (KKM)
1. Tujuan Umum
Praktek Kuliah Kerja Media (KKM) merupakan persyaratan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa semester akhir Program Diploma III Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta untuk memenuhi kegiatan proses akhir perkuliahan yang juga merupakan salah satu syarat kelulusan dan mendapatkan gelar Ahli Madya.
Dalam kegiatn praktek Kuliah Kerja Media (KKM) ini penulis dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang penulis peroleh selama di bangku kuliah dalam suasana kerja yang sesungguhnya. Sehingga berdasarkan hasil praktek kerja lapangan maka seterusnya akan disusun dalam bentuk Laporan Praktek Kuliah Kerja Media.
2. Tujuan Khusus
a. Untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang dunia kerja yang sebenarnya sehingga dapat melatih rasa percaya diri, daya kreativitas serta keberanian bersikap dalam diri setiap mahasiswa dalam menghadapi lingkungan kerja yang kelak akan dihadapi.
b. Dengan Kuliah Kerja Media (KKM) ini mahasiswa bisa menerapkan dan mempraktekkan ilmu-ilmu yang diterima di bangku kulia dengan terlibat langsung dalam proses kerja secara nyata pada divisi Humas PT. PLN (Persero) Distribusi X dan X pada khususnya.
c. Dapat mengetahui tugas-tugas penting yang harus dilakukan seorang PR/Humas di sebuah perusahaan.
d. Dapat mengamati, memahami dan melakukan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan Humas PT. PLN (Persero) Distribusi X dan X.
e. Mengetahui sejauh mana peran dan fungsi Humas PT. PLN (Persero) Distribusi X dan X.
f. Mengetahui kendala yang dihadapi selama menjalankan fungsi Humas pada PT. PLN (Persero) Distribusi X dan X.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »