Search This Blog

Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Pada Siswa Kelas II SMA Negeri X

(Kode PENDMIPA-0022) : Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Pada Siswa Kelas II SMA Negeri X

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang universal dalam kehidupan manusia. Setiap bidang kehidupan di masyarakat terdapat proses pendidikan, baik yang disengaja maupun secara tidak sengaja. Pada pendidikan formal, penyelenggaraan pendidikan tidak lepas dari tujuan pendidikan yang akan dicapai karena tercapai tidaknya tujuan pendidikan merupakan tolak ukur dari keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Tujuan pendidikan nasional disesuaikan dengan tuntutan pembangunan dan perkembangan kehidupan bangsa Indonesia, sehingga tujuan pendidikan bersifat dinamis.
Di sekolah, tujuan pendidikan dioperasionalkan menjadi tujuan pembelajaran dari bidang studi yang diberikan guru di kelas, diantaranya pembelajaran matematika yang menggiring siswa memiliki kemampuan berpikir obyektif, kritis, cermat, analitis dan logis. Untuk memenuhi tujuan tersebut, kemampuan utama dan pertama yang harus dimiliki setiap peserta didik adalah kemampun membaca, menulis dan berhitung. Pencapaian tujuan pendidikan dan pembelajaran matematika dapat dinilai salah satunya dari keberhasilan siswa dalam memahami matematika dan memanfaatkan pemahaman ini untuk menyelesaikan persoalan dalam matematika maupun dalam ilmu-ilmu lain dan diukur dengan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar ini merupakan prestasi belajar matematika.
Berdasarkan kenyataan yang ada prestasi belajar matematika SMA dewasa ini masih rendah. Rendahnya prestasi ini ditunjukkan antara lain dengan rendahnya nilai matematika baik dalam raport, ulangan harian, ulangan umum dan UAN . Selain itu nilai matematika juga sering menempati urutan terakhir dalam peringkat nilai-nilai mata pelajaran yang diperoleh siswa.
Banyak unsur yang secara bersama-sama dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran matematika. Diantara unsur–unsur yang mempengaruhi antara lain: siswa, pendidik/guru, metode pembelajaran, lingkungan. Ditinjau dari diri siswa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dapat dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar diri siswa antara lain faktor guru, kurikulum, sarana, prasarana, lingkungan sosial. Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa antara lain minat, bakat, kemampuan verbal, kemampuan non verbal, kemampuan komputasi, kemampuan pandang ruang.
Rendahnya kemampuan dalam faktor–faktor internal di atas menyebabkan rendahnya prestasi belajar matematika yang ditunjukkan antar lain dengan ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika dan dapat dilihat dari adanya kesalahan penyelesaian soal. Kesalahan ini diketahui guru dalam proses belajar mengajar di kelas maupun dari hasil pekerjaan siswa dalam tes.
Adanya kesalahan penyelesaian oleh siswa dalam soal-soal matematika perlu mendapat perhatian. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam penyelesaian soal perlu diidentifikasi. Informasi tentang kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika dapat digunakan untuk meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar matematika dan akhirnya diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilaksanakan oleh Clement, bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan perhitungan disusul kesalahan pemahaman konsep.
Materi matematika SMA terdiri dari banyak topik. Salah satu diantaranya adalah program linear. Program linear merupakan salah satu bagian matematika terapan yang banyak manfaatnya dalam bidang ekonomi, industri, pertanian, perdagangan dan sebagainya. Penguasaan yang baik dalam topik ini akan membantu dalam mempelajari ilmu lain.
Penguasaan siswa atas topik program linear antara lain ditunjukkan dengan kemampuan siswa menyelesaikan soal program linear dengan benar. Namun dari hasil pengalaman peneliti maupun guru di kelas dan dari hasil pekerjaan siswa dalam tes dijumpai berbagai macam kesalahan dalam penyelesaian soal program linear.

B. Pembatasan Masalah
Penelitian ini dibatasi pada kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal program linear di kelas dua semester dua SMA Negeri X tahun ajaran XXXX/XXXX.

C. Rumusan Masalah
1. Apa saja jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal program linear?
2. Apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal program linear?
3. Apa alternatif solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal program linear?

D. Tujuan Penelitian
1. Mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal program linear.
2. Mengetahui apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal program linear.
3. Memberikan alternatif solusi dari kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal program linear

E. Manfaat Penelitian
Informasi tentang kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal program linear terutama jenis-jenis kesalahan yang banyak dilakukan siswa membantu guru dalam :
1. melaksanakan pembelajaran remedial.
2. memberikan petunjuk pada bagaimana guru seharusnya melaksanakan penekanan dalam proses belajar mengajar topik program linear.
3. perencanaan kegiatan pembelajaran tahun berikutnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »